Definisi dan Fungsi Tanda Baca (Punctuation) Asterisk

Asterisk

Guys, kamu tau tanda baca asterisk, nggak? Kalau hobi nonton film action, mungkin kamu nggak asing sama tulisan kayak gini:

T**ol

Si***ng

Sssst. Itu kata-kata kasar, jangan dicontoh ya. Back to the question, jadi asterisk itu apa?

Asterisk merupakan tanda atau simbol yang bisa kamu lihat di keyboard laptop, letaknya menyatu dengan angka 8. Sudah nemu?

Kalau sudah, let use tell you something. Setiap tanda baca atau punctuation tidak diciptakan tanpa fungsi ya guys. Hal ini berlaku juga untuk asterisk.

Soalnya, tanda baca merupakan salah satu elemen yang perlu diperhatikan ketika berlatih writing atau menulis, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

 Lalu, apa definisi dan fungsi asterisk? Here we go! English Academy telah merangkum penjelasannya untukmu. Pada bagian akhir, ada contoh penggunaannya juga, lho. Simak dengan cermat ya!

 

Apa Itu Asterisk

Asterisk adalah simbol berbentuk bintang kecil (*) yang sering digunakan dalam berbagai konteks penulisan dan komunikasi.

Pernah menulis skripsi atau karya ilmiah yang dilengkapi footnote a.k.a catatan kaki? Nah, ini merupakan salah satu fungi paling populer dari tanda baca asterisk.

Meski penggunaannya tak sesering tanda baca seperti full stop dan comma, tanda bintang menjadi simbol yang mempunyai sejarah cukup panjang di dunia tulis-menulis, matematika, dan sains, lho.

 

Sejarah Asterisk (Asterisk History)

Kata asterisk diambil dari bahasa Yunani asteriskos yang berarti bintang kecil.

Dilansir dari Grammarist, tanda baca bintang pertama kali digunakan sekitar tahun 200 SM oleh Aristarchus dari Samothrace.

Ia menandai tepi naskah dengan berbagai simbol untuk memberikan catatan, pertanyaan, dan komentar pribadinya. Satu di antara simbol ini adalah asterisk.

Tanda-tanda ini membantu Aristarchus yang merupakan seorang astronom sekaligus matematikawan dalam menyampaikan pemikiran dan pengetahuan tentang berbagai topik yang dibacanya.

Penggunaan asterisk ini (bersama dengan simbol lain) berlanjut hingga Abad Pertengahan, ketika penyalin naskah menggunakannya untuk mencatat anotasi.

Menurut KBBI, anotasi merupakan catatan yang dibuat oleh pengarang atau orang lain untuk menerangkan, mengomentari, atau mengkritik teks karya sastra atau bahan tertulis lain

Hal ini menjadi bukti bahwa asterisk memang telah digunakan dalam naskah-naskah kuno sebagai tanda penekanan atau notes penting.

Kini, fungsi tanda bintang terus berkembang. Bahkan tanda baca ini kerap digunakan di berbagai bidang penulisan, baik itu dalam akademik, kesehatan, dan teknologi modern.

Baca Juga: Berkenalan dengan Numbers: Angka dalam Bahasa Inggris

 

Type Asterisk

Berikut ini beberapa tipe asterisk symbol yang kerap digunakan dalam berbagai catatan kaki:

Symbol Meaning
* Asterisk
Heavy Asterisk
Two Asterisks Aligned Vertically
Dagger
Double Dagger
§ Section Sign
𐡗 Imperial Aramaic Section Sign
Pilcrow
Parallel To
Asterisk Operator
Circled Asterisk Operator
Asterism
Flower Punctuation Mark
٭ Arabic 5-pointed Star
East Asian Reference Mark
Wheel of Dharma
Heavy Eight Teardrop-Spoked Propeller Asterisk
Open Center Asterisk
Squared Asterisk
Eight Point Asterisk
Sixteen Point Asterisk

Baca Juga: Kenali Cara Spelling Abjad Bahasa Inggris (Alphabet), Yuk!

 

Fungsi Asterisk dan Contoh Penggunaannya

Apa saja fungsi dari asterisk? Pahami definisi dan penerapannya, yuk!

1. Footnote 

Footnote adalah catatan kaki. Apa, tuh? Catatan kaki adalah notes yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan, kutipan, referensi, atau penjelasan lebih lanjut tentang suatu bagian dari teks tanpa mengganggu alur utama pembahasan.

Asterisk biasanya ditempatkan setelah kata atau kalimat yang memerlukan pembahasan atau keterangan lain. Oh ya, cantumkan setelah tanda baca ya.

Penempatannya tergantung pada format yang dipilih penulis. Footnote bisa ditempatkan di bagian bawah halaman yang sama dengan asterisk, bisa juga ditempatkan di akhir bab, atau dalam indeks.

Bila jurnal atau karya ilmiah yang ditulis memiliki lebih dari satu catatan kaki dalam satu halaman, maka gunakanlah tanda bintang ganda.

Kamu juga bisa mengganti simbol bintang dengan nomor penunjuk. Coba lihat contoh di bawah ini:

asterisk 1

Source: McVea, Harry (2005)

asterisk 2

Source: Bintang Pustaka

 

2. Replace Missing Letters/Sensor

Seperti yang sudah English Academy bahas di paragraf pembuka, salah satu fungsi asterisk ialah menggantikan huruf-huruf yang hilang atau sengaja disensor dalam sebuah kata dan frasa, terutama jika kata atau frasa tersebut dianggap tidak pantas atau sensitif.

Berapa huruf yang haru disensor? Lagi-lagi, ini bergantung pada organisasi, lembaga, atau individu.

Misalnya kamu sedang menonton film di Netflix, dan film tersebut memiliki genre action. Mungkin kamu akan menemukan kata dan frasa seperti f**k.

 

3. Clarification

Sering melihat simbol bintang di poster event atau iklan? Wajar, sih. Soalnya, penggunaan asterisk ini banyak digunakan di dunia advertising.

Tanda bintang di dunia periklanan berfungsi untuk memberitahu pembaca bahwa ada informasi tambahan yang perlu diperhatikan.

Penjelasan ini berisi detail hukum atau syarat yang berkaitan dengan pernyataan sebelumnya. Contohnya begini:

Get a free gift with every purchase!* Don’t miss out on this limited-time offer!” *Offer valid only for purchases over $50.

(Dapatkan hadiah gratis untuk setiap pembelian!* Jangan lewatkan penawaran waktu terbatas ini!” *Penawaran hanya berlaku untuk pembelian lebih dari $50.)

 

4. Explaining Instructions in a Text

Sering menulis surat atau dokumen formal? Tentu kamu sudah akrab dong, dengan teks seperti ini:

Nb: *) Coret yang tidak perlu

Nah, fungsi asterisk di sini adalah untuk menandai atau menunjukkan bahwa bagian tertentu dari teks perlu dihapus atau diabaikan.

Okay, pembahasan kali ini sudah selesai! Thank you sudah baca artikel asterisk ini sampai akhir, guys.

Remember, tanda baca atau simbol dalam bahasa Inggris tak kalah penting dari kata atau frasa. Tanpa tanda baca, makna sebuah kalimat bisa jadi tak sempurna sehingga menimbulkan kesalahpahaman bagi pembacanya.

Mau belajar makna lain dari tanda baca atau simbol bahasa Inggris? Boleh! Tanyakan langsung pada guru yang sudah tersertifikasi internasional di kelas English Academy ya.

Kalau kepo kayak gimana proses belajarnya, coba Kelas Gratis-nya aja. Kami tunggu pendaftaranmu ya;)

IDN CTA Blog Trial Class Academic English EA 2022

 

References:

Harry, McVea. Financial Services Regulation Under The Financial Services Authority: A Reassertion Of The Market Failure Thesis?. Cambridge Law Journal. July 2005 [online] Available at https://www.cambridge.org/core/journals/cambridge-law-journal/article/abs/financial-services-regulation-under-the-financial-services-authority-a-reassertion-of-the-market-failure-thesis/323F497A03ED5DC427EB92007C25E407 (Accessed at 29 July 2024)

Mcleod, Danielle. Asterisk Symbol (*) – Usage and Examples. Grammrist. 28 June 2022 [online] Available at https://grammarist.com/punctuation/asterisk-symbol-usage-examples/  (Accessed at 29 July 2024)

What Are Asterisks ( * ) And How Do You Use Them?. Thesaurus. 5 April 2022 [online] Available at https://www.thesaurus.com/e/grammar/asterisks/ (Accessed at 29 July 2024)

Mengenal Tanda Asterisk, Apostrof, dan Ampersand yang Jarang Diketahui. Bintang Pustaka. 13 October 2022.  [online] Available at https://bintangpustaka.com/mengenal-tanda-asterisk-apostrof-dan-ampersand-yang-jarang-diketahui/ (Accessed at 29 July 2024)

Referensi Gambar :

https://www.freepik.com/free-photo/flat-lay-paper-mockup-with-floral-elements_4653318.htm#fromView=search&page=1&position=29&uuid=fd60be01-5da3-41e6-885b-699b6629a3af”>Image by freepik</a> [Accessed 1 Oktober 2024]

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!