58 Kosakata tentang Bank (Vocabulary Bank) Bahasa Inggris

Banking Vocabulary

Salah satu cara untuk meningkatkan literasi finansial kita adalah dengan menguasai vocabulary bank atau kosakata tentang bank beserta definisinya. Yuk, sama-sama belajar melalui artikel ini!

Vocabulary bank merupakan kosakata yang cukup penting untuk kita pelajari. Why? Contoh, kamu mau belanja online? Atau mau transfer dana untuk keluarga? Yap, tentunya kedua aktivitas tersebut nggak terlepas dari transaksi menggunakan bank. 

Kalau nggak hati-hati, segala sesuatu yang berhubungan dengan bank bisa saja merugikan kita, lho. Itulah mengapa, selain mengetahui kosakatanya, kita juga perlu memahami definisi atau cara kerja dari berbagai istilah tersebut. Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

 

Kosakata Bank Paling Umum dalam Bahasa Inggris (Most Common Banking Words)

Sebagai permulaan, pada section ini, kita akan mengenal terlebih dahulu apa aja vocabulary bank yang kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Bank account (Akun bank)

Bank account atau akun bank adalah sebuah ruang pribadi yang dibuka bagi nasabah di bank untuk melakukan berbagai transaksi keuangan.

 

2. Deposit (Setoran)

Deposit artinya penempatan uang ke dalam rekening bank untuk penyimpanan aman atau untuk mendapatkan bunga.

 

3. Withdrawal (Penarikan)

Withdrawal artinya adalah tindakan mengambil uang dari rekening bank.

 

4. Savings (Tabungan)

Savings adalah uang yang disimpan untuk digunakan di masa depan, biasanya disimpan dalam rekening bank, e-wallet, atau di tabungan yang bersifat konvensional seperti celengan.

 

5. Checking (Cek)

Checking adalah sebuah rekening dari mana uang dapat ditarik dengan menulis cek atau menggunakan kartu debit.

 

6. Interest (Bunga)

Interest atau bunga adalah biaya yang dibayarkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman atas penggunaan uang yang dipinjam, umumnya dalam bentuk persentase dari pokok pinjaman.

 

7. Interest rate (Tingkat bunga)

Interest rate artinya persentase di mana bunga dihitung pada sejumlah uang, umumnya diungkapkan secara tahunan.

 

8. Credit (Kredit)

Kredit adalah kemampuan untuk mendapatkan barang atau jasa sebelum pembayaran, dengan sistem pembayaran akan dilakukan di masa yang akan datang. 

 

9. Debit (Debit)

Debit adalah transaksi yang mengurangi dana dari rekening bank.

 

10. ATM (Automated Teller Machine)

ATM adalah outlet perbankan elektronik yang memungkinkan pengguna bank untuk melakukan transaksi dasar tanpa bantuan teller.

 

11. Balance (Saldo)

Balance artinya jumlah uang dalam rekening bank pada suatu waktu tertentu.

 

12. Statement (Laporan)

Statement merupakan ringkasan semua transaksi dalam rekening bank selama periode tertentu, biasanya diterbitkan bulanan.

 

13. Transaction (Transaksi)

Transaction atau transaksi merupakan aktivitas yang melibatkan pertukaran uang, misalnya pembelian, penjualan, atau pemindahan dana dari satu akun ke akun lainnya.

 

14. Account holder (Pemegang rekening)

Account holder adalah orang atau entitas yang memiliki dan memiliki hak hukum atas rekening bank.

 

15. Online / Internet banking (Perbankan daring)

Layanan perbankan yang dilakukan melalui internet alias secara online, dan memungkinkan pelanggan untuk mengelola rekening atau melakukan transaksi dari jarak jauh melalui sebuah website.

 

16. Bank transfer (Transfer bank)

Perpindahan dana dari satu rekening bank ke rekening bank lainnya. 

 

17. ATM fee (Biaya ATM)

Biaya yang dibebankan untuk menggunakan ATM yang tidak dimiliki oleh bank pemegang rekening.

 

18. Bank branch (Cabang bank)

Lokasi fisik bank di mana pelanggan dapat melakukan banyak aktivitas perbankan seperti penarikan dan penyetoran uang tunai, pembukaan rekening baru, dan lain sebagainya.

 

19. Mobile banking (Perbankan seluler)

Hampir sejenis dengan online banking, mobile banking merupakan service perbankan pada aplikasi yang dapat diakses via perangkat seluler seperti ponsel pintar atau tablet.

 

20. Direct Deposit (Setoran Langsung)

Penyetoran dana secara elektronik ke rekening bank, bukan melalui cek fisik. Direct deposit biasanya dilakukan untuk pembayaran gaji, pengembalian pajak, pembayaran tunjangan, atau pelunasan investasi. 

Baca Juga: 39 Istilah-Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya

 

Financial Terms tentang Credit (Kredit) 

Ketika hendak melakukan kredit, usahakan untuk memahami terlebih dahulu beragam istilah yang berkaitan dengan aktivitas bank yang satu ini. Cek daftarnya, yuk!

1. Creditor (Kreditur)

Arti dari creditor yaitu pihak yang memberikan pinjaman atau kredit kepada orang lain. Namun, saat ini kreditur tak hanya datang dari bank, loh. Artinya, pihak tersebut bisa jadi merupakan lembaga non-bank atau bahkan individu yang memberikan pinjaman dalam jumlah dan tenggat pembayaran yang telah ditentukan.

 

2. Debtor (Debitur) 

Jangan terbalik, ya. Jika kamu melakukan kredit, maka kamu disebut debtor atau debitur, artinya seseorang yang memiliki hutang atau kewajiban untuk membayar kepada kreditur.

 

3. Credit History (Riwayat Kredit)

Catatan tentang penggunaan kredit dan pembayaran utang seseorang.

 

4. Credit Score (Skor Kredit)

Tak hanya pertandingan sepak bola, kredit pun ada skornya, loh. Credit score adalah nilai numerik yang mengukur kelayakan kredit seseorang.

 

5. Installment (Cicilan / Angsuran)

Dalam bahasa Inggris, cicilan disebut installment, yaitu pembayaran berkala yang harus dibayarkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman, baik itu secara harian, mingguan, bulanan, tahunan, atau dalam periode tertentu yang sudah disepakati kedua belah pihak.

 

6. Credit Limit (Batas Kredit)

Dalam dunia kredit, terdapat jumlah maksimum kredit yang dapat diberikan kepada seorang peminjam, istilahnya disebut dengan credit limit. Tujuannya yaitu mengontrol risiko dan mencegah peminjam untuk mengambil kredit yang melebihi kemampuan mereka untuk membayar.

 

7. Credit Card (Kartu Kredit)

Credit card adalah kartu yang memungkinkan pemegangnya meminjam uang dari bank atau lembaga keuangan. Bentuknya sama dengan kartu debit.

 

8. Credit Report (Laporan Kredit)

Credit report adalah dokumen yang berisi informasi tentang riwayat kredit seseorang, termasuk riwayat pembayaran, utang yang ada, dan skor kredit.

 

9. Credit Bureau (Biro Kredit)

Credit bureau adalah badan yang mengumpulkan informasi tentang riwayat kredit individu dan menyediakan laporan kredit kepada pemberi pinjaman.

Baca Juga: 151 Istilah Matematika dalam Bahasa Inggris dan Artinya

 

Kamu dapat mengakselerasi kemampuan speaking, writing, reading, dan listening di Kelas Professional English Academy. Terdapat pilihan kelas untuk group, team, semi-private, private, sampaicustom, lho! Yuk, temukan kelas yang cocok untukmu!

CTA English Academy for Business

 

Vocabulary Bank tentang Loans (Pinjaman)

Dalam dunia banking, kamu juga akan bertemu dengan beragam istilah mengenai loan atau pinjaman. Pelajari kosakatanya di bawah ini!

1. Loan (Pinjaman)

Loan adalah Jumlah uang atau dana yang dipinjamkan dari kreditur pada debitur dengan kesepakatan untuk mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, ada loan yang disertai dengan bunga, ada juga yang tidak (tergantung jenis pinjamannya).

 

2. Secured Loan (Pinjaman Terjamin)

Secured loan artinya pinjaman yang dijamin oleh aset atau jaminan seperti mobil atau properti, untuk memberikan rasa aman pada kreditur.

 

3. Unsecured Loan (Pinjaman Tanpa Jaminan)

Sebaliknya, unsecured loan merupakan pinjaman yang tidak dijamin oleh aset tertentu.

 

4. Default (Ingkar)

Apabila seorang debitur gagal untuk membayar pinjaman atau utang tepat waktu, dalam dunia bank istilahnya disebut dengan default.

 

5. Loan Principal (Pokok Pinjaman)

Loan principal merupakan jumlah uang asli yang dipinjam oleh debitur. Istilah ini muncul karena pada umumnya, sebuah pinjaman akan menghasilkan bunga, yang nantinya ditambahkan ke jumlah yang asli.

 

6. Loan Agreement (Perjanjian Pinjaman)

Untuk menjaga trust maka dibuatlah loan agreement, yaitu dokumen yang berisi ketentuan dan persyaratan antara pemberi pinjaman dan peminjam.

 

7. Loan Officer (Petugas Pemberi Pinjaman) 

Individu yang bekerja di bank atau lembaga keuangan dan bertanggung jawab untuk menilai aplikasi pinjaman.

 

8. Loan Application (Aplikasi Pinjaman)

Loan application adalah proses mengajukan permohonan untuk mendapatkan pinjaman.

 

9. Personal Loan (Pinjaman Pribadi)

Jika ada teman lama yang tiba-tiba mengirim chat WhatsApp padamu untuk meminjam sejumlah uang, aktivitas tersebut bisa disebut sebagai personal loan yang artinya pinjaman yang diberikan kepada individu tanpa jaminan untuk keperluan pribadi.

 

10. Business Loan (Pinjaman Usaha)

Business loan adalah pinjaman yang diberikan kepada perusahaan atau usaha untuk modal usaha atau pengembangan bisnis.

 

11. Student Loan (Pinjaman Pendidikan)

Selain untuk modal usaha, pemerintah dan beberapa lembaga keuangan di Indonesia juga memiliki program student loan, fungsinya yaitu menyediakan pinjaman pada siswa untuk membantu membayar biaya pendidikan mereka.

 

12. Loan Forgiveness (Penghapusan Pinjaman)

Loan forgiveness merupakan proses dimana sebagian atau seluruh pinjaman dibatalkan, biasanya sebagai bagian dari program pemerintah.

 

13. Refinance (Refinansiasi)

Proses mengambil pinjaman baru dengan syarat yang lebih menguntungkan untuk membayar pinjaman yang ada.

 

14. Loan Shark (Rentenir)

Loan shark atau rentenir adalah individu atau lembaga yang memberikan pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi, seringkali ilegal. Umumnya, aktivitas ini sering terjadi di daerah sub urban untuk masyarakat menengah ke bawah.

 

15. Loan Modification (Modifikasi Pinjaman)

Ringkasnya, loan modification adalah perubahan persyaratan pinjaman dari kreditur untuk membantu peminjam yang mengalami kesulitan keuangan.

 

16. Repayment (Pembayaran Kembali)

Repayment merupakan proses mengembalikan uang yang dipinjam, termasuk pembayaran bunga dan pokok pinjaman.

 

17. Loan Term (Jangka Waktu Pinjaman)

Loan term adalah periode waktu yang ditentukan untuk pengembalian pinjaman.

 

18. Collateral (Jaminan)

Collateral adalah properti atau aset lain yang ditawarkan oleh peminjam sebagai jaminan untuk pinjaman.

 

19. Mortgage (Mortgage)

Mortgage artinya pinjaman yang diambil untuk membeli real estat, biasanya dengan syarat pembayaran dan tingkat bunga tertentu.

Baca Juga: Cara Negosiasi Gaji dalam Bahasa Inggris, Dapatkan Karier Impianmu!

 

Kosakata tentang Fee and Charges (Biaya dan Beban)

Jika kamu siap untuk menjadi bagian dari dunia bank, artinya kamu juga perlu bersiap dengan segala biaya dan beban administrasi yang perlu dibayarkan pada bank. Apa saja, sih, fee and charges yang ada di bank

1. Overdraft fee (Biaya overdraft)

Jika kamu melakukan pembelian atau penarikan dana yang membuat saldo rekeningmu negatif, maka nantinya akan muncul overdraft fee. Jadi, jaga agar saldo rekening kamu tetap sesuai batas yang dianjurkan oleh bank terkait ya.

 

2. Annual fee (Biaya tahunan)

Annual fee adalah biaya yang harus dibayarkan setiap tahun untuk pemeliharaan atau pelayanan suatu produk atau layanan.

 

3. Transaction fee (Biaya transaksi)

Transaction fee adalah biaya transaksi dari bank atau lembaga keuangan atas setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah, seperti transfer dana atau pembayaran tagihan.

 

4. Service charge (Biaya layanan)

Service charge merupakan biaya yang dikenakan sebagai imbalan atas pelayanan atau layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau institusi.

 

5. Withdrawal fee (Biaya penarikan)

Saat melakukan penarikan, tak jarang kamu akan dibebani biaya, yang dikenal sebagai withdrawal fee. Contoh sederhananya, jika kamu menarik uang tunai di mesin ATM yang berbeda dengan bank-mu, maka biasanya ada charge yang harus dibayar.

 

6. Account maintenance fee (Biaya pemeliharaan rekening)

Account maintenance fee adalah biaya yang harus dibayarkan untuk menjaga agar rekening atau akun tetap aktif dan terpelihara. Biasanya ini dibayarkan pada awal bulan, besaran dan periode tepatnya tergantung apa jenis bank dan tipe yang kita pakai.

 

7. Late payment fee (Biaya keterlambatan pembayaran)

Late payment fee adalah biaya yang dikenakan jika pembayaran tagihan atau pinjaman dilakukan melebihi tanggal jatuh tempo. Salah satu contohnya diterapkan pada sistem pembayaran WiFi atau listrik.

 

8. Penalty fee (Biaya denda)

Penalty fee adalah Biaya tambahan yang harus dibayarkan sebagai sanksi atas pelanggaran ketentuan atau peraturan tertentu.

 

9. Commission fee (Biaya komisi)

Commission erat kaitannya dengan biaya yang dibayarkan kepada pialang atau agen atas layanan atau transaksi tertentu yang mereka lakukan.

 

10. Registration fee (Biaya pendaftaran)

Biaya yang dibayarkan saat mendaftar atau mendaftarkan suatu produk atau layanan, yang tentunya berlaku juga ketika kamu hendak memutuskan untuk jadi nasabah baru di sebuah bank.

Baca Juga: 150+ Frasa & Contoh Percakapan Telepon Bahasa Inggris untuk Bisnis

 

Contoh Kalimat Bahasa Inggris Menggunakan Vocabulary Banking

Di bawah ini terdapat 10 contoh kalimat bahasa Inggris mengenai kosakata banking. Lengkap dengan artinya, nih.

1. She received a bonus interest for maintaining a high balance in her savings account.
(Dia menerima tambahan bunga karena mempertahankan saldo tinggi di rekening tabungannya.)

 

2. Have you checked the current exchange rate before making an international transfer?
(Apakah kamu sudah memeriksa kurs mata uang saat ini sebelum melakukan transfer internasional?)

 

3. He was disappointed to find out about the high service charges for using the ATM abroad.
(Dia kecewa mengetahui tentang biaya layanan yang tinggi untuk menggunakan ATM di luar negeri.)

 

4. The bank offers a special promotion with zero annual fees for new credit card applicants.
(Bank tersebut menawarkan promosi khusus dengan biaya tahunan nol untuk pemohon kartu kredit baru.)

 

5. Do you know if there were any overdraft fees in the last month?
(Apakah kamu tahu bahwa ada biaya overdraft di bulan lalu?)

 

6. She was frustrated to discover that her account had been charged an overdraft fee due to insufficient funds.
(Dia frustrasi menemukan bahwa rekeningnya dikenakan biaya defisit karena dana yang tidak mencukupi.)

 

7. They were delighted to receive a cashback reward for using their credit card for grocery shopping.
(Mereka senang mendapatkan hadiah cashback karena menggunakan kartu kredit mereka untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.)

 

8. Have you considered the penalty for early withdrawal before investing in this fixed deposit account?
(Apakah kamu sudah mempertimbangkan denda untuk penarikan dana lebih awal sebelum berinvestasi di rekening deposito berjangka ini?)

 

9. My sister’s credit score is very bad.
(Skor kredit kakak saya sangatlah buruk.)

 

10. The bank offers personalized financial advice to help customers achieve their long-term savings goals.
(Bank tersebut menawarkan saran keuangan yang dipersonalisasi untuk membantu pelanggan mencapai tujuan tabungan jangka panjang mereka.)

Baca Juga: 55 Istilah-Istilah Saham dalam Bahasa Inggris

Nah, list vocabulary banking yang ada di artikel ini bisa kamu hafal atau screenshot. Jadi, apabila nanti ada aktivitas yang berkaitan dengan bank, kamu bisa dengan mudah untuk cek melalui galeri di smartphone kesayangan.

Tapi, kamu perlu tetap menambah perbendaharaan kosakata bahasa Inggris lainnya. Gimana caranya? Gabung English Academy aja. Nanti, kamu akan belajar bersama guru bahasa Inggris yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi internasional. Coba kelas gratisnya dulu, yuk!

CTA English Academy Trial Class

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!