Rekomendasi Film Anak untuk Belajar Bahasa Inggris

Rekomendasi Film Anak untuk Belajar Bahasa Inggris

Bagi parents yang ingin melatih si kecil berbahasa Inggris, film bisa menjadi salah satu media yang patut dicoba. Namun, sebagai orang tua, tentunya Anda harus memilih film yang tepat. So, mari lihat 10 rekomendasi film anak untuk belajar bahasa Inggris di artikel ini!

Pada zaman modern ini, banyak parents berlomba-lomba untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak sejak kecil. Itulah mengapa, English Academy ingin memberikan rekomendasi film apa saja yang bisa ditonton anak sebagai salah satu media untuk mereka belajar.

Di sisi lain, berlatih bahasa Inggris melalui pendidikan formal saja belum cukup. Maka dari itu, film bisa menjadi ‘pendidikan’ non formal untuk melatih English skill pada anak.

Di artikel ini, parents juga bisa menyimak beberapa cara belajar bahasa Inggris lainnya, lalu pada bagian akhir, ada beberapa rekomendasi film bahasa Inggris, lengkap dengan sinopsis singkatnya.

 

Cara-Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Setiap anak memiliki minat dan metode latihan yang beragam. Sebagai parents, Anda sangat disarankan untuk mencoba berbagai cara belajar bahasa Inggris dari nol seperti beberapa contoh di bawah ini:

1. Bermain Peran (Role-playing)

Anak-anak bisa belajar bahasa Inggris dengan bermain peran, seperti berpura-pura menjadi dokter, guru, atau penjelajah. Ini membantu mereka berlatih berbicara dalam konteks yang menyenangkan dan bermakna.

2. Menonton Film atau Kartun dalam Bahasa Inggris

Memperkenalkan anak-anak pada film atau kartun berbahasa Inggris dapat membantu putra putri kesayangan parents untuk memperluas kosa kata, plus memahami berbagai aksen dan intonasi.

3. Mendongeng dalam Bahasa Inggris

Dongeng adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan anak-anak pada bahasa Inggris. Anda bisa membacakan cerita dalam bahasa Inggris yang saat ini sudah banyak tersedia dalam bentuk buku fisik maupun digital.

4. Bermain Game Edukatif

Ada banyak game edukatif yang dirancang khusus untuk membantu anak-anak belajar bahasa Inggris dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Parents bisa cek contoh game-nya melalui artikel 15 Game Bahasa Inggris untuk Improve Skill Kamu, Belajar Makin Seru!

5. Mendengarkan Musik atau Lagu Bahasa Inggris

Lagu-lagu anak-anak berbahasa Inggris dapat membantu anak-anak mengingat kosakata dan frasa dengan lebih mudah. Parents bisa coba memutar lagu saat melakukan aktivitas bersama dengan si kecil.

Baca Juga: Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak

6. Menggunakan Aplikasi Belajar

Selain film, screen time bisa juga dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris melalui aplikasi khusus belajar anak, contohnya di English Academy. Di sana, terdapat karakter kartun bernama Pippa dan Pop yang akan menemani anak untuk belajar.

7. Membuat Kata-kata Kunci atau Flashcard

Membuat kartu kata-kata kunci atau flashcard dengan gambar dapat membantu anak-anak mengasah kemampuan membaca dan mengingat kosakata bahasa Inggris. Oh ya, bahkan metode ini bisa dilakukan saat umur anak masih di bawah satu tahun, parents!

8. Melakukan Kegiatan Berbasis Proyek

Ingin membuat anak lebih kreatif? Cobalah untuk ajak mereka melakukan proyek-proyek seru, seperti membuat scrapbook atau membuat cerita bersama.

9. Berinteraksi dengan Native Speaker

Jika memungkinkan, parents dapat memfasilitasi anak untuk mengasah keterampilan bahasa Inggris melalui kursus atau program pertukaran budaya. Pasalnya, cara ini dapat sekaligus menggali keberanian anak untuk berinteraksi dengan orang baru di sekitarnya.

10. Jadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Sehari-hari

Bisa karena terbiasa. Maka dari itu, parents perlu menjadikan bahasa Inggris sebagai habit ketika mengobrol atau bermain bersama anak, baik itu di rumah maupun di luar rumah.

Baca Juga: Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Mudah!

 

Pentingnya Film dalam Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Berikut adalah beberapa alasan mengapa film menjadi salah satu alat pembelajaran yang cukup penting bagi anak:

1. Pengalaman Visual

Anak-anak cenderung lebih responsif terhadap pengalaman visual. Dengan menonton film berbahasa Inggris, si kecil dapat melihat adegan, ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan situasi yang membantu mereka memahami konteks dan makna kata-kata dengan lebih baik.

2. Peningkatan Kosakata

Film menawarkan beragam kosakata dan frasa dalam berbagai konteks. Maka dari itu, anak-anak dapat belajar banyak new vocabulary secara alami saat menonton film, terutama jika ada subtitle-nya.

3. Pembelajaran yang Menyenangkan

Menonton film merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka dapat menikmati cerita, karakter, dan musik dalam film sambil belajar bahasa Inggris tanpa merasa seperti sedang belajar.

4. Peningkatan Keterampilan Listening

Film membantu meningkatkan keterampilan mendengarkan anak-anak karena mereka harus memperhatikan percakapan antar karakter dan memahami alur ceritanya.

Hal ini membantu putra putri kesayangan parents untuk mengembangkan pemahaman tentang intonasi, aksen, dan gaya bicara dalam bahasa Inggris.

5. Pengenalan Budaya

Inggris bukan hanya soal bahasa, tapi juga budaya. Nah, melalui film, anak-anak dapat mengenal budaya luar, ini termasuk tradisi, nilai-nilai, dan gaya hidup yang biasa diterapkan di berbagai negara berbahasa Inggris.

6. Membentuk Inspirasi dan Imajinasi

Film belajar bahasa Inggris dapat menginspirasi anak-anak dan membangkitkan imajinasi mereka. Cerita yang menarik, tokoh-tokoh yang kuat, dan petualangan yang seru bisa memotivasi anak-anak untuk lebih mengenal bahasa internasional ini dengan antusias.

Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak dan Cara Mengajarkannya

 

Rekomendasi Film Disney untuk Belajar Bahasa Inggris

Kartun atau animasi merupakan jenis film yang ‘aman’ untuk media belajar bahasa Inggris si kecil. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi film kartun terbaik yang bisa parents berikan pada anak:

1. The Lion King (Raja Singa)

Rekomendasi film disney terbaru yang bisa ditonton anak-anak adalah The Lion King. Film ini mengisahkan tentang petualangan Simba, seekor singa muda yang berjuang untuk mengambil alih tahta sebagai raja dari kerajaan hutan setelah ayahnya, Mufasa, terbunuh oleh saudaranya sendiri, Scar.

The Lion King cocok untuk belajar bahasa Inggris karena memiliki dialog yang sederhana dan mengandung banyak kosakata dasar.

Di sisi lain, ceritanya yang menarik dan penuh dengan pelajaran moral secara tidak langsung dapat menginspirasi dan mengajarkan hal baik pada si kecil.

 

2. Finding Nemo (Mencari Nemo)

Finding Nemo bercerita tentang perjalanan Marlin, yaitu seekor ikan badut yang mencari anaknya yang hilang (bernama Nemo) karena ditangkap oleh seorang diver dan dibawa ke sebuah akuarium.

Selain karena visualnya yang mengagumkan, film ini cukup menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris karena memiliki dialog yang jelas dan mudah dipahami.

Selain itu, latar petualangan Marlin di bawah laut juga dapat memperkaya kosakata anak-anak tentang kehidupan laut.

 

3. Frozen

Jika parents memiliki seorang putri, maka film Frozen yang mengisahkan petualangan Anna akan cocok jadi media belajar bahasa Inggrisnya.

Film Frozen ini mengisahkan seorang putri yang mencari adik perempuannya bernama Elsa, yang memiliki kekuatan sihir es dan secara tidak sengaja membius kerajaan mereka dalam musim dingin abadi.

Lagunya yang terkenal, dialog yang jelas, dan karakter-karakternya yang memikat membuat film Frozen jadi salah satu karya populer yang pas untuk ditonton anak-anak.

 

4. Toy Story

Ingin mengajarkan tentang persahabatan dan petualangan pada anak? Cobalah ajak si kecil menonton Toy Story.

Toy Story merupakan film petualangan dengan tokoh utama Woody, sebuah boneka koboi, dan Buzz Lightyear, sebuah action figure, yang berusaha untuk kembali ke rumah pemilik mereka, Andy, setelah tersesat di luar rumah.

 

5. Moana

Yuk, berikan inspirasi pada anak untuk belajar bahasa Inggris melalui film Moana.

Film ini bercerita tentang Moana, yaitu seorang gadis Polinesia yang berani memulai perjalanan epik untuk menyelamatkan pulau-pulau Pasifik dari kegelapan dengan bantuan demigod Maui.

Film ini cocok untuk belajar bahasa Inggris karena memiliki latar yang eksotis dan dialog yang menarik.

Anak-anak juga dapat terinspirasi untuk belajar bahasa Inggris melalui kisah petualangan dan keajaiban Moana di sekitar laut.

 

Rekomendasi Film Kartun (Non Disney) untuk Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris percakapan atau conversation untuk anak bisa juga menggunakan media film kartun selain disney. Lihat apa saja rekomendasi film kartun terbaru yang bisa menemani screen time si kecil:

1. Ice Age

Meskipun termasuk film lama, tetapi Ice Age yang bercerita tentang sebuah kelompok hewan prasejarah, termasuk mammoth, sloth, dan sabre-toothed tiger ini ternyata tak usang dimakan oleh zaman.

Di film ini, berbagai karakter hewan bertualang untuk menyelamatkan seorang bayi manusia dan kembali ke kawanan mereka.

 

2. The Secret Life of Pets

The Secret Life of Pets merupakan film bergenre komedi animasi tentang kehidupan hewan peliharaan di New York City. Cerita ini mengikuti petualangan Max, anjing terrier, dan teman-temannya saat mereka berusaha untuk kembali pulang.

 

3. Kung Fu Panda

Seorang panda gemuk bernama Po bermimpi menjadi seorang master kung fu. Mimpi Po menjadi kenyataan ketika ia dipilih sebagai Dragon Warrior yang dipilih untuk melindungi Valley of Peace dari ancaman jahat.

Karakter Po yang lucu tentu cukup menarik untuk ditonton oleh anak-anak dan bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk belajar bahasa Inggris.

 

4. Madagascar

Sebuah kelompok hewan dari kebun binatang New York City terdampar di Pulau Madagascar yang eksotis setelah kecelakaan pesawat.

Yap, film ini menceritakan tentang cara sekelompok hewan yang harus belajar untuk bertahan hidup di alam liar sambil berusaha untuk kembali pulang.

 

5. Ratatouille

Jika anak Anda menyukai sesuatu yang berhubungan dengan makanan, film Ratatouille bisa jadi media yang tepat untuk si kecil belajar kosakata di dunia kuliner.

Film Ratatouille ini mengisahkan tikus muda bernama Remy bermimpi menjadi seorang chef terkenal di Paris. Dengan bantuan sahabat manusianya yaitu Linguini, Remy mencoba mewujudkan mimpinya dalam masak-memasak.

Parents, itulah rekomendasi film anak dalam bahasa Inggris yang mungkin cocok untuk mengisi screen time si kecil.

Ingat, selalu berikan tontonan pada anak sesuai dengan usianya ya! Selain itu, parents juga sangat disarankan untuk mencoba metode pembelajaran bahasa Inggris lainnya supaya anak tidak merasa bosan.

Jika butuh bantuan profesional, parents bisa menghubungi konsultan di English Academy. Sebab, lembaga kursus bahasa Inggris yang satu ini memiliki program belajar untuk anak mulai dari usia 3 tahun sampai 18 tahun, lho. Tertarik untuk coba Kelas Gratis-nya? Klik banner di bawah ya!

CTA English Academy

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!