15 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik dan Terpopuler

Novel Bahasa InggrisSudah terbiasa melakukan reading berbagai text bahasa Inggris singkat? Yuk, saatnya challenge dirimu untuk membaca teks yang lebih panjang, salah satunya melalui novel. Temukan apa saja rekomendasi novel bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhanmu di artikel ini.

Guys, salah satu metode belajar bahasa Inggris yang mudah untuk dicoba adalah dengan membaca berbagai jenis buku, termasuk novel. Tenang, English Academy punya rekomendasi novel bahasa Inggris yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhanmu.

Oh ya, supaya proses belajarmu memberikan hasil yang efektif, jangan lupa untuk coba menerapkan tips yang ada di artikel ini Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Ini 11 Tips Mudah dan Cepat!

Sekarang, ayo cari tau kira-kira novel mana yang paling menarik untukmu!

 

Rekomendasi Novel Bahasa Inggris untuk Pemula

Kalau keterampilan bahasa Inggris-mu masih berada di level awal, cobalah untuk mulai dengan membaca novel bahasa Inggris yang ramah untuk pemula, berikut rekomendasinya:

1. Novel “Where the Crawdads Sing” by Delia Owens

Where the Crawdads Sing bercerita tentang seorang gadis muda bernama Kya Clark yang tumbuh dewasa di rawa-rawa North Carolina. Setelah ditinggalkan oleh keluarganya, Kya belajar bertahan hidup sendirian di alam liar. Ia mengandalkan kecerdasan dan hubungannya yang kuat dengan alam.

Saat Kya tumbuh dewasa, dia terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan yang mengguncang masyarakat setempat. Jadi, apa misteri di balik kehidupan Kya? Baca saja novelnya, ya!

Buku ini cocok untuk pemula karena memiliki alur cerita yang menarik dan mudah dipahami, serta penggunaan bahasa yang tidak terlalu rumit.

For your information, novel Where the Crawdads Sing yang terbit pertama kali pada tahun 2018 ini sudah diadopsi menjadi film, loh. Dengan disutradarai Olivia Newman, akhirnya film tersebut berhasil tayang pada tahun 2022, serta menghasilkan rating 7.2/10 di situs IMDB. Sounds good, right?

 

2. The Vanishing Half by Brit Bennett

Buku kedua berjudul The Vanishing Half karya Brit Bennett ini berhasil jadi salah satu best-selling book di New York pada tahun 2020. The Vanishing Half mengikuti kisah hidup dua saudara perempuan kembar alias twin, yaitu Desiree dan Stella Vignes, yang tumbuh besar di sebuah desa kecil di Louisiana.

Ketika memasuki fase dewasa, Stella memutuskan untuk meninggalkan desa dan mengubah identitasnya menjadi seorang wanita kulit putih. Sementara itu, Desiree pindah ke luar negeri dan mengalami kekerasan fisik dalam rumah tangganya.

Yap, novel ini mengandung banyak pesan soal rasial dan keluarga. That’s why bisa jadi pilihan bacaan yang bagus, karena cukup relate dengan kondisi masyarakat masa kini. Ditambah lagi, kosakata dan alurnya yang runtut membuat The Vanishing Half cocok untuk dibaca oleh beginner.

 

3. The Midnight Library by Matt Haig

Rekomendasi selanjutnya datang dari novel terbitan 2020 dengan judul The Midnight Library karya Matt Haig, yaitu seorang penulis kebanggaan di Inggris. Novel ini berhasil mendapat penghargaan sebagai buku fantasi terbaik, guys.

Jika membaca The Midnight Library, maka kamu akan berkenalan dengan seorang wanita bernama Nora Seed yang merasa kecewa dengan diri sendiri dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Namun, setelah melakukan percobaan bunuh diri, Nora malah mendapati dirinya berada di sebuah perpustakaan yang disebut “Midnight Library“. Di sana, dia menemui pustakawan bernama Mrs. Elm yang menawarkan kesempatan untuk menjelajahi berbagai versi kehidupan berbeda.

Novel yang satu ini mengandung banyak premis keren, plus menyiratkan sejumlah pesan tentang kehidupan yang sangat inspiratif. Cobain buat baca, yuk!

 

Contoh Novel Bahasa Inggris Populer

Sebagai orang yang up to date, sepertinya kamu perlu mencoba sensasi belajar bahasa Inggris dengan membaca novel yang cukup populer. Rekomendasi novel bahasa Inggris populer antara lain:

1. Reminders of Him by Colleen Hoover

Saking populernya, saat ini terdapat 94% pengguna Google yang menyukai novel romantis dengan judul Reminders of Him (2022) karya Colleen Hoover. Keren ya? Nah, masih di tahun yang sama, novel ini sempat masuk jadi nominasi buku paling romantis, loh.

Melalui novel ini, Colleen Cover mengisahkan Kenna Rowan, seorang ibu muda yang menjalani lima tahun penjara karena kesalahan tragis. Kemudian, Kenna kembali ke kota tempat ia mengacaukan semuanya, dengan harapan bersatu lagi bersama putrinya yang berusia empat tahun.

Sayangnya, untuk memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitarnya terhalang oleh masa lalu yang kelam. Sampai akhirnya Kenna bertemu Ledger yang perlahan-lahan menjadi bagian penting dalam kehidupan Kenna.

 

2. Remarkably Bright Creatures by Shelby Van Pelt

Rekomendasi novel bahasa Inggris populer yang ditulis oleh Shelby Van Pelt dan terbit pada tahun 2022 ini pernah menjadi nominasi buku fiksi terbaik, plus nominasi untuk novel debut terbaik.

Novel ini bercerita mengenai kehidupan Tova Sullivan. Setelah suaminya meninggal, Tova memulai rutinitas baru dengan bekerja shift malam di Sowell Bay Aquarium.

Menyibukkan diri bisa membantunya untuk berpaling dari ingatan mengenai Erik, yakni putranya yang berusia delapan belas tahun yang menghilang secara misterius di atas kapal di Puget Sound lebih dari tiga puluh tahun yang lalu.

Di tempatnya bekerja, Tova berkenalan dan akhirnya bersahabat dengan Marcellus, yaitu seekor gurita Pasifik raksasa yang tinggal di akuarium. Karena pernah jadi detektif, akhirnya Marcellus membantu Tova untuk mengungkap fakta mengenai kematian putranya.

Kalau suka dengan hal yang berbau fiksi, kamu wajib baca buku yang satu ini!

 

3. Every Summer After by Carley Fortune

Lagi-lagi, rekomendasi novel bahasa Inggris terpopuler selanjutnya terpilih juga sebagai nominasi buku fiksi dan buku debut terbaik pada tahun 2022. Nah, novelnya berjudul Every Summer After yang ditulis oleh Carley Fortune.

Pernahkah kamu merasa bahwa kesalahan yang pernah dilakukan bisa membatasi masa depanmu? Kalau pernah, mungkin sinopsis dari novel ini cukup relate untukmu.

Novel Every Summer After menceritakan tokoh bernama Persephone Fraser yang selalu dihantui rasa khawatir akan masa depan sejak ia melakukan kesalahan besar pada 10 tahun lalu.

Saat musim panas, ia menjalani hari-hari di sebuah apartemen modern tengah kota dan kerap menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Sampai akhirnya, hidup Persephone berubah ketika ia menerima telepon yang mengirimnya kembali ke Barry’s Bay, dan juga kembali ke kehidupan Sam Florek.

Cus, cari novel ini di toko buku favoritmu, dan cari tau kelanjutan kisah nostalgia cinta dari Persephone!

 

Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Singkat

Selain melalui cerpen bahasa Inggris, novel singkat bisa jadi alternatif bacaan buat kamu in case nggak terlalu suka dengan teks atau cerita yang terlalu panjang.

Dalam hal ini, English Academy memberi kategori “singkat” untuk novel dengan jumlah halaman di bawah 200. Berikut rekomendasinya:

1. Charlotte’s Web by E.B. White

E.B White menuliskan novel Charlotte’s Web dengan total 184 halaman, dan terbit pertama kali pada tahun 1952. Sampai saat ini, novel tersebut sudah mengalami 5 kali penerbitan (yang terakhir pada tahun 2015).

Kalau kamu termasuk orang yang menyukai buku dari visual, coba deh baca buku ini. Sebab, di di dalamnya terdapat banyak ilustrasi berkualitas tinggi yang diwarnai oleh Rosemary Wells dan Garth Williams.

Selain itu, novel ini cocok juga untuk jadi bacaan usia kanak-kanak, loh. Pasalnya, ini mengisahkan Charlotte, yakni seekor laba-laba yang mengungkapkan perasaannya terhadap seekor babi kecil bernama Wilbur. Kisah tokoh dalam novel tersebut memberi banyak kesan baik soal cinta, kehidupan, dan persahabatan.

Kalau kamu kesulitan mencari buku fisiknya, coba cek situs Goodreads untuk mendapat buku versi digital, ya.

 

2. The Sense of an Ending by Julian Barnes

Siapa, sih, yang nggak tau Julian Barnes? Itu lho, penulis kontemporer bahasa Inggris yang sudah menerbitkan hampir 150 buku, salah satunya The Sense of an Ending yang masuk sebagai nominasi buku fiksi terbaik (2011).

The Sense of an Ending menceritakan tentang seorang pria bernama Tony Webster yang mencoba memahami kembali masa lalunya setelah menerima warisan tak terduga pada masa remaja.

Ketika dia menyelidiki kembali hubungan dengan teman sekolahnya yang misterius, Adrian Finn, Tony menyadari bahwa kenangan masa lalunya mungkin tidak sejelas yang dia ingat.

Fyi, novel ini hanya terdiri dari 150 halaman. Tapi, cerita di dalamnya menyiratkan banyak pesan yang berhubungan dengan emosional dan psikologi. Bagaimana, tertarik untuk baca?

 

3. Our Souls at Night by Kent Haruf

Terakhir, English Academy memilih novel berjudul Our Souls at Night by Kent Haruf (2015) sebagai salah satu rekomendasi novel singkat bahasa Inggris. Tenang, buku ini hanya ditulis dalam 179 halaman.

Our Souls at Night bercerita tentang dua orang tetangga tua, Addie Moore dan Louis Waters, yang memutuskan untuk menjalin hubungan platonic pada malam hari untuk mengatasi kesepian mereka.

Platonik itu apa, sih? Platonik adalah istilah yang mengacu pada hubungan atau cinta yang bersifat tidak romantis atau tidak seksual, yha, misal hanya saling mengobrol satu sama lain.

Nah, dengan membaca novel singkat ini, sepertinya akan membuka wawasanmu mengenai kehidupan orang tua yang sudah lansia, nggak punya pasangan, plus tinggal di kota kecil yang jauh dari anak-anaknya.

Baca Juga: 17 Cerita Rakyat Bahasa Inggris, Dari Sangkuriang Sampai Timun Mas!

 

Kumpulan Novel Romantis Bahasa Inggris

Sedang butuh vitamin atau asupan kegiatan yang bisa meningkatkan mood? Sepertinya membaca novel romantis bisa jadi ide yang bagus. Nggak perlu bingung, berikut ini rekomendasi novel romantis untukmu:

1. Happy Place by Emily Henry

Kalau punya hobi membaca, buku Happy Place harusnya sudah kamu tamatkan sejak 2023 lalu. Sebab, buku ini cukup populer untuk kategori novel romantis. Tak heran kalau Emily Henry berhasil menjadikannya sebagai Winner for Best Romance (2023).

Happy Place memuat cerita romantis dari pasangan Harriet dan Wyn. yang telah menjalin hubungan sejak masa perguruan tinggi. Sayangnya, hubungan mereka kandas di tengah perjalanan tanpa alasan yang jelas.

Setelah berpisah, Harriet dan Wyn membuat perjanjian untuk tetap terlihat masih bersama, supaya acara berlibur bersama para sahabatnya tetap berjalan lancar. But, ternyata rencana keduanya tidak berjalan dengan mulus, guys.

 

2. Love on the Brain by Ali Hazelwood

Kali ini, salah satu rekomendasi novel romantis bahasa Inggris yang bisa kamu baca adalah Love on the Brain (2022). Melalui buku ini, sang penulis menceritakan Bee Königswasser yang tertarik dengan pemuda bernama Levi.

Tapi sayang, Levi dengan jelas menunjukkan ketidaksukaannya terhadap Bee, padahal keduanya harus terlibat dalam proyek yang sama.

Eits, ternyata kisah mereka baru dimulai ketika banyak staf lain yang mengabaikan Bee, sehingga ia mulai melihat Levi sebagai sosok yang bisa diandalkan untuk mendukung ide-idenya. Hmm, menurutmu ending hubungan mereka akan seperti apa, nih?

 

3. Things We Never Got Over by Lucy Score

Guys, novel Things We Never Got Over karya Lucy Score (2022) ini nggak boleh dilewatkan, terutama bagi kamu yang menggemari bacaan bertema romantis.

Soalnya, perlu kamu tau kalau genre romantis pun tak luput dari konflik. Selain itu, romantis tak melulu berbicara soal hubungan antar pasangan, tapi bisa juga antar saudara.

Ringkasnya, novel ini mengisahkan tentang Naomi yang berusaha untuk hidup dengan keponakannya, yaitu Waylay yang berseteru dengan kembarannya bernama Tina. Ditambah lagi, ibu dari Waylay dan Tina tega meninggalkan kedua anaknya ini.

Nah, karena watak Tina agak di luar nalar, makanya Naomi berniat untuk “menyelamatkan” Waylay.

Di sini, konflik bersumber dari banyak pihak, mulai dari mantan tunangan Naomi, Knox yang terus mengejar dan sering emosi pada Naomi, serta Tina yang seringkali mencuri harta Naomi. Penasaran kelanjutannya? Baca novelnya, kuy!

Baca Juga: 15 Contoh Cerita Fabel Singkat Bahasa Inggris (Fable) dan Strukturnya

 

Buku Novel Bahasa Inggris Terkenal untuk Remaja

Ingin mengasah skill bahasa Inggris melalui berbagai kisah yang manis? Nih, English Academy punya tiga rekomendasi novel bahasa Inggris terbaik dan cukup terkenal untuk buku dengan kategori young-adult alias remaja. Cek di bawah ini!

1. The Fault in Our Stars by John Green

Novel bahasa Inggris yang memiliki judul The Fault in Our Stars by John Green terbitan tahun 2012 ini merupakan pemenang novel fiksi remaja terbaik.

The Fault in Our Stars menuliskan kisah tentang Hazel Grace Lancaster, seorang remaja yang menderita kanker paru-paru. Kondisinya membuat Hazel harus bepergian dengan tabung oksigen untuk membantunya bernafas.

Kemudian, Hazel diarahkan sang ibu untuk menghadiri kelompok pendukung kanker. Di sana, ia bertemu dengan Augustus Waters. Kira-kira, seperti apa ya kelanjutan hubungan Hazel dan Waters, guys?

 

2. Eleanor & Park by Rainbow Rowell

Kamu tertarik dengan cerita-cerita tentang cinta? Yuk, coba luangkan waktu untuk membaca novel bahasa Inggris berjudul Eleanor & Park dari Rainbow Rowell yang memiliki latar belakang sekolahan pada tahun 1986.

Nantinya, kamu akan mengenal tokoh Eleanor, yaitu seorang gadis penuh warna-warni yang memiliki banyak masalah keluarga, beserta Park, seorang anak laki-laki introvert yang menyukai komik.

Apakah hubungan keduanya berjalan dengan mulus? Tentunya nggak, ya. Sebab, Eleanor kerap mendapat banyak tekanan dari pihak keluarga dan teman sebayanya.

Nah, tekanan ini erat kaitannya dengan isu children abuse dan bullying.

 

3. Cinder by Marissa Meyer

Buat kamu yang menyukai dunia science, merapat! Nih, ada rekomendasi novel bahasa Inggris berjudul Cinder by Marissa Meyer yang wajib masuk ke daftar bacaanmu.

Terbit pada tahun 2012, novel Cinder berhasil meraup prestasi sebagai Nominee for Best Goodreads Author (2012) dan Nominee for Best Young Adult Fantasy & Science Fiction (2012).

Nah, tokoh utama dalam novel ini adalah Cinder, yaitu seorang remaja yang hidup di kota futuristik New Beijing. Cinder memiliki skill cyborg, tetapi ia bekerja sebagai montir dan dianggap rendah oleh masyarakat karena statusnya yang berbeda.

As time goes by, semua berubah ketika Cinder bertemu Pangeran Kai (pewaris takhta), yang meminta bantuan Cinder untuk memperbaiki androidnya. Sementara itu, wabah misterius tiba-tiba mulai menyebar di seluruh negeri, dan Cinder terlibat dalam konspirasi besar yang nggak pernah ia bayangkan sedikitpun. Lalu, bagaimana nasib Beijing selanjutnya?

 

10 Quotes Novel Bahasa Inggris

Benefit dari membaca novel bahasa Inggris memang banyak, ya. Nggak hanya memperkaya kosakata, tetapi kamu juga bisa menemukan beragam quotes dari para penulisnya.

Beberapa contoh kutipan novel bahasa Inggris tersebut antara lain:

1. “This was another of our fears: that Life wouldn’t turn out to be like Literature.” — Julian Barnes (The Sense of an Ending)

2. “Your sense of judgement could use a dash of common sense.” — Susan Ee (Angelfall (Penryn & the End of Days, #1))

3. “But something always went wrong, and the relationship would end precisely at the moment when she was sure that this was the person with whom she wanted to spend the rest of her life. After a long time, she came to the conclusion that men brought only pain, frustration, suffering and a sense of time dragging.” — Paulo Coelho (Eleven Minutes)

4. “All our knowledge begins with the senses, proceeds then to the understanding, and ends with reason. There is nothing higher than reason.” — Immanuel Kant (Critique of Pure Reason)

5. “Insecurity is the worst sense that lovers feel; sometimes the most humdrum desireless marriage seems better. Insecurity twists meanings and poisons trust.” — Graham Greene (The End of the Affair)

6. “The world had ended, so why had the battle not ceased, the castle fallen silent in horror, and every combatant laid down their arms? Harry’s mind was in freefall, spinning out of control, unable to grasp the impossibility, because Fred Weasley could not be dead, the evidence of all his senses must be lying—” — J.K. Rowling (Harry Potter and the Deathly Hallows (Harry Potter, #7))

7. “Life makes fools of all of us sooner or later. But keep your sense of humor and you’ll at least be able to take your humiliations with some measure of grace. In the end, you know, its our own expectations that crush us.” — Paul Murray (Skippy Dies)

8. “Every ending brings a new beginning because behind the end of every story there’s a hidden beginning. And beginnings are always associated with a sense of excitement.
— Pratibha Malav (A Kind Of Commitment)

9. “If something cannot go on forever, it will stop.” — Herbert Stein (What I Think: Essays on Economics, Politics, and Life)

10. “Sometimes all you can really do is keep moving and hope you end up somewhere that makes sense.” — Allie Brosh (Solutions and Other Problems)

Baca Juga : 10 Cerita Fairy Tale Bahasa Inggris, Nggak Cuma Cinderella!

 

Well done! Oh iya guys, coba kamu perhatikan, deh. Rekomendasi novel bahasa Inggris yang tercantum di artikel ini sebagian besar masuk sebagai nominasi terbaik di masing-masing kategori, loh.

Namun, tentunya setiap pembaca memiliki selera dan penilaian masing-masing. Maka dari itu, pilihlah novel bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan coba untuk mulai membacanya minimal 10 menit per hari.

Kalau kamu menginginkan bacaan bahasa Inggris yang lain, tanya saja pada guru bahasa Inggris di kelas English Academy.

Siapa tau, kamu juga bisa bertemu teman-teman baru yang memiliki hobi serupa (membaca). Mau? Tenang, ada Kelas Gratis-nya, kok. Coba dulu yuk, sekarang!

IDN CTA Blog Trial Class Academic English EA 2022

Sumber Gambar :

https://www.freepik.com/free-photo/young-woman-reading-textbook-couch-home_5392714.htm#fromView=search&page=1&position=49&uuid=95360a2f-e019-4818-a099-3df26668aebb (Diakses 27 Juni 2024)

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!