15 Rekomendasi Universitas di Inggris, Mana Kampus Impianmu?

Rekomendasi Universitas di Inggris

Kamu punya mimpi untuk melanjutkan studi di luar negeri? Manifesting dulu, yuk, siapa tau dengan membaca list universitas di Inggris pada artikel ini bisa mengantarkanmu untuk mewujudkan impian tersebut!

Masuk ke salah satu universitas bergengsi di Inggris bisa jadi merupakan suatu hal yang diimpikan banyak akademisi Indonesia. Pasalnya, sebagian besar kampus di negara yang terkenal dengan julukan “The Land of Hope and Glory” ini sudah terkenal dengan kualitasnya yang patut diacungi jempol.

Selain itu, Inggris juga merupakan tujuan studi yang pas untuk membuka jalanmu pada karier yang cemerlang. Yaps, karena Inggris merupakan negara maju, tentunya banyak sekali inovasi dan teknologi canggih yang bisa kamu temukan di berbagai kampusnya.

Tertarik kuliah di Inggris? Yuk, cek dulu apa saja rekomendasi kampusnya!

 

1. University of Oxford

Universitas terbaik di Inggris yang menduduki peringkat pertama adalah University of Oxford. Maudy Ayunda sang aktris Indonesia pun merupakan salah satu alumni dengan predikat cum laude yang lulus dari kampus bergengsi satu ini, guys.

Didirikan pada abad ke-12 menjadikan Oxford sebagai one of the oldest universities in the world. Selain itu, Oxford juga populer karena reputasi akademiknya yang tinggi dengan menawarkan pendidikan berkualitas untuk lebih dari 23.000 mahasiswa yang berasal dari 140 negara di dunia.

Tertarik untuk menjadikan Oxford sebagai tujuan melanjutkan studi merupakan hal yang sangat wajar. Pasalnya, kampus ini memiliki banyak keunggulan, ini beberapa di antaranya:

  • Oxford memiliki salah satu perpustakaan terbesar di dunia dengan koleksi buku yang sangat luas.
  • Terdapat berbagai macam kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, termasuk Beasiswa Rhodes (pasca sarjana) untuk mahasiswa internasional.
  • Terdapat lebih dari 40 fakultas di University of Oxford, mencakup berbagai bidang studi dari ilmu alam hingga humaniora yang tersebar di 38 kampus.
  • Metode belajarnya cukup fun, karena mahasiswa berkesempatan untuk melakukan sesi tutorial one on one tiap pekannya untuk diskusi bersama para expert.

 

Bagi kamu yang ‘si paling riset’, Oxford akan jadi ‘rumah’ yang menyenangkan. Soalnya, kampus ini tergabung sebagai anggota Russell Group bersama 23 universitas keren lainnya seperti University of Birmingham, Edinburgh University, dan lain sebagainya.

Oh ya, biaya kuliah di University of Oxford bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih dan bagaimana status mahasiswa (EU/Non-EU). Secara umum, biaya kuliah untuk mahasiswa non-EU berkisar antara £28.950 hingga £44.240 per tahun.

Tenang, kalau kamu punya tekad untuk kuliah di sana, pasti ada jalannya, kok, salah satunya dengan mencoba beasiswa LPDP ataupun Chevening.

 

2. University of Cambridge

Siapa yang suka pelajaran Matematika? Nah, kamu bisa menjadikan universitas ini sebagai salah satu kampus impianmu. Yap, University of Cambridge adalah salah satu universitas terkemuka di Inggris yang terletak di kKta Cambridge.

Selain karena prestasi akademiknya yang unggul, University of Cambridge merupakan salah satu institusi pendidikan tertua karena didirikan pada tahun 1209.

Berikut ini beberapa keunggulan University of Cambridge:

  • Memiliki lingkungan akademik yang prestisius dengan fasilitas penelitian dan laboratorium yang canggih.
  • Menawarkan berbagai program studi yang terkenal di berbagai bidang ilmu.
  • Sejumlah besar alumninya telah meraih Penghargaan Nobel, termasuk dalam bidang fisika, kimia, dan kedokteran, menjadikan Cambridge salah satu institusi terkemuka dalam menghasilkan para ilmuwan terkemuka di dunia.
  • University of Cambridge memiliki perpustakaan terbesar di Inggris, dengan koleksi buku dan bahan referensi yang sangat luas, termasuk naskah kuno yang berharga secara historis.
  • Dua belas anggota dari Parlemen Inggris, termasuk Perdana Menteri Inggris Sir Robert Walpole dan Winston Churchill, adalah lulusan dari Cambridge.
  • Berlokasi di utara London yang memiliki suasana cukup tenang, aman, dan kondusif.

 

Anyway, kampus ini terkenal bersaing secara kompetitif dengan Harvard University, lho. Nah, kalau kamu ingin ‘mengejar’ cita-citamu untuk menyandang status sebagai mahasiswa University of Cambridge, jangan lupa siapkan dana yang cukup ya!

Pasalnya, biaya kuliah di University of Cambridge memang cukup tinggi. Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliahnya per tahun rata-rata berkisar antara £24,510 hingga £63,990 per tahun. Lagi-lagi, ini tergantung apa fakultas dan jurusan yang kamu ambil. Hmm, biayanya hampir mirip dengan University of Oxford, sih.

Untuk beasiswa, seperti biasa ada kesempatan dari beberapa lembaga seperti LPDP, Chevening, Beasiswa Gates Cambridge, atau Beasiswa Cambridge Trust.

 

3. Imperial College London (ICL)

Rekomendasi universitas terbaik di Inggris selanjutnya adalah Imperial College London (ICL) yang berdiri pada tahun 1907 lalu.

Berdasarkan survei dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings, Imperial College London menduduki peringkat 6 universitas terbaik di dunia. Tak heran mengapa ICL juga masuk sebagai salah satu member dari Russel Group.

Lebih dari itu, universitas terkemuka di Inggris ini memiliki lebih dari 17.000 mahasiswa dari lebih dari 140 negara, yang mana 14 alumninya berhasil menorehkan prestasi sebagai penerima penghargaan Nobel. Keren, kan?

Ah ya, ayo kita cek apa saja keunggulan dari Imperial College London:

  • Imperial College London dikenal secara luas sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, dan teknik.
  • Universitas ini telah melahirkan banyak tokoh terkenal, termasuk Alexander Fleming, penemu penisilin; Brian May, gitaris band legendaris Queen; dan Sir James Dyson, pendiri perusahaan Dyson.
  • Terletak di pusat kota London, Imperial College menawarkan akses mudah ke berbagai fasilitas dan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kehidupan kota yang dinamis.
  • ICL aktif dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dengan mengurangi jejak karbonnya dan mendorong kesadaran lingkungan di antara mahasiswa dan stafnya.

Secara umum, biaya kuliah berkisar antara £30.000 hingga £62.000 per tahun untuk mahasiswa internasional.

Mau kuliah di sini? Tenang, selain LPDP atau Chevening, terdapat beasiswa President’s PhD Scholarships dan President’s Undergraduate Scholarships yang bisa kamu coba. Semangat ya!

 

4. University of Leeds

Nggak hanya di London, tapi universitas terbaik di Inggris pun ada yang salah satunya berlokasi di Kota Leeds, West Yorkshire, apalagi kalau bukan University of Leeds, yaitu kampus yang didirikan pada tahun 1904 (exactly, hanya beda 3 tahun dengan ICL).

Kondisi Kota Leeds yang ramai membuat mahasiswa dapat menikmati akses mudah ke berbagai fasilitas dan kesempatan di lingkungan kota yang dinamis.

Biaya kuliah di University of Leeds bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih dan status kebangsaan mahasiswa. Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah biasanya berkisar antara £18,000 hingga £30,000 per tahun. Again, beda jurusan pasti beda biaya, gengs.

Meskipun QS survei menyatakan bahwa University of Leeds berada di peringkat 75 kampus terbaik dunia, tentunya kampus ini masih memiliki banyak sekali keunggulan, seperti:

  • University of Leeds memiliki beberapa pusat penelitian unggulan di berbagai bidang, termasuk kedokteran, ilmu alam, teknologi, dan sosial. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk terlibat dalam penelitian yang inovatif dan berdampak langsung pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Tertarik dengan inovasi dan kewirausahaan? Tenang, di kampus ini mahasiswa dapat terhubung pada akses inkubator bisnis, pelatihan kewirausahaan, dan jaringan profesional yang luas.
  • Terdapat layanan dukungan karier yang komprehensif, termasuk pelatihan keterampilan, sesi konseling karier, dan kesempatan penempatan kerja.

Buat kamu yang ingin belajar di University of Leeds, coba cari-cari info tentang beasiswa S2 Tetley & Lupton Scholarships dari sekarang, yuk!

 

5. University of Manchester

Eits, yang terkenal dari Inggris bukan hanya klub sepak bolanya, guys. Selain Manchester United, kamu perlu garis bawahi kalau salah satu universitas terbaik di Inggris pun ada di kota ini, yaitu University of Manchester yang berdiri pada tahun 1824.

Tahukah kamu? University of Manchester menyambut kedatangan 44.000 mahasiswa dari sekitar 170 negara setiap tahunnya, dan hal ini membuat University of Manchester menjadi kampus yang multikultural.

Merujuk pada penilaian dari Academic Ranking of World Universities (2023), University of Manchester menduduki peringkat ke-41 di dunia dan ke-10 di Eropa. Oh ya, kampus ini jadi salah satu tujuan untuk program IISMA, lho.

Salah satu prestasi paling menonjol dari University of Manchester adalah penelitiannya yang berdampak tinggi dalam berbagai bidang. Melalui 11 fakultasnya, universitas ini berhasil menjadi pusat inovasi dan penemuan baru yang memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tak heran kalau kampus yang memiliki motto “Cognitio, sapientia, humanitas” ini dikenal sebagai “public research university” yang juga join di Russell Group.

Nah, kisaran biaya kuliah rata-rata per tahun untuk mahasiswa internasional di University of Manchester berkisar antara £20,000 hingga £30,000. Gimana, tertarik? Kamu bisa coba apply menggunakan beasiswa LPDP ya!

Baca Juga : American English vs British English: 7 Perbedaan & Contohnya

 

6. London School of Economics and Political Science (LSE)

LSE atau London School of Economics and Political Science yang berada di peringkat 56 versi QS survei adalah universitas terkemuka di dunia dalam ilmu sosial, ekonomi, dan politik. Wah, idaman para calon ekonom dan politikus, nih!

Lebih tua dari ICL, kampus LSE didirikan pada tahun 1895 yang kampus pusatnya terletak di Houghton Street, London WC2A 2AE, Inggris.

LSE memiliki lebih dari 25 departemen dan institut untuk menawarkan berbagai program sarjana, magister, dan doktor dalam bidang ekonomi, hukum, politik, sosiologi, serta manajemen. Saat ini, LSE dihuni oleh lebih dari 11.000 mahasiswa dari lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Mirip dengan empat universitas yang telah diulas sebelumnya, LSE pun telah menghasilkan sejumlah pemenang Nobel dan memainkan peran penting dalam pengembangan teori ekonomi modern.

Selain Chevening dan LPDP, kesempatan untuk belajar di kampus ini pun bisa kamu dapatkan melalui beasiswa LSE Asia. Info lengkapnya coba cek artikel Bedah Kampus The London School of Economics and Political Science : Ranking, Jurusan & Beasiswa.

 

7. University of Birmingham

Mari move ke kota lain, rekomendasi universitas terbaik Inggris yang ketujuh adalah University of Birmingham, yakni universitas riset publik yang terletak di Birmingham, Inggris, dengan peringkat 84 di dunia menurut QS survei.. Lebih muda 15 tahun dari LSE, University of Birmingham ini didirikan pada tahun 1900.

Karena merupakan bagian dari Russel Group, tentunya universitas ini terkenal dengan track record akademiknya yang kuat dan fasilitas penelitian yang canggih.

University of Birmingham memiliki 11 fakultas yang menawarkan berbagai program studi di bidang ilmu sosial, humaniora, ilmu alam, kedokteran, teknik, dan lainnya. Saat ini, University of Birmingham memiliki lebih dari 35.000 mahasiswa dari berbagai negara di seluruh dunia.

Selain University of Manchester, University of Birmingham pun memiliki julukan sebagai “The Redbrick University” karena bangunan-bangunan bersejarahnya yang terbuat dari batu bata merah.

Last but not least, biaya kuliah di University of Birmingham bervariasi tergantung pada program studi dan tingkat studi yang dipilih. Kalau kamu ingin studi di kampus ini, coba prepare sekitar £15,000 hingga £25,000 per tahun.

Ingin biaya kuliahnya gratis? Bisa pakai beasiswa Erasmus Mundus. Yuk, cek penjelasannya di artikel Info Lengkap Studi di University of Birmingham.

 

8. University of Warwick

University of Warwick yang berdiri pada tahun 1965 adalah universitas yang memiliki 3 fakultas dan 33 departemen. Kampus ini merupakan universitas riset publik yang terletak di Coventry dengan lokasi antara West Midlands dan Warwickshire, Inggris. Fyi, ini merupakan kota pelajar terbaik nomor 5 di Inggris.

University of Warwick dikenal karena lingkungan pembelajarannya yang dinamis dan kolaboratif serta fokusnya pada penelitian yang berdampak dan inovatif. Selain itu, lokasinya yang strategis di Midlands Barat Inggris memberikan akses mudah ke berbagai kesempatan akademik, budaya, dan industri.

Seperti biasa, biaya untuk mahasiswa internasional rata-rata berkisar antara £18,000 hingga £30,000 per tahun, tergantung pada jurusannya. Tapi, kamu bisa coba Beasiswa University of Warwick Chancellor’s International Scholarship.

 

9. University of Bath

Ingin mengenyam studi di lokasi yang erat dengan sejarah? Maka University of Bath sebagai salah satu universitas terbaik di Inggris bisa jadi pilihanmu.

Kampus dengan peringkat 5 di Inggris menurut The Complete University Guide (2024) ini terletak di Bath yang merupakan salah Situs Warisan Dunia UNESCO.

University of Bath dikenal dengan arsitektur georgianya yang megah dan pemandian air panas Romawi. Berdiri di atas tanah bersejarah, universitas ini mencerminkan warisan yang kaya dan tradisi pendidikan yang kuat.

Oh ya, ada 6 fakultas di University of Bath yaitu Fakultas Ilmu Pengetahuan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Seni, dan Fakultas Manajemen.

Sekarang, University of Bath memiliki 18.000 mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Apakah kamu ingin menjadi salah satunya? Catat dulu ya, bagi mahasiswa internasional, biaya kuliah rata-rata berkisar antara £18,000 hingga £30,000 per tahun.

Meskipun biaya ini mungkin tinggi, universitas ini menawarkan berbagai opsi beasiswa dan bantuan keuangan untuk mahasiswa berprestasi dan berkebutuhan. Selain Chevening, beasiswa lain yang bisa kamu coba adalah Beasiswa Commonwealth dan Beasiswa GREAT Scholarships.

 

10. Loughborough University

Loughborough University merupakan salah satu universitas terbaik di Inggris yang berlokasi di Kota Loughborough, Leicestershire. Sejak diresmikan pada tahun 1909, universitas ini telah menjadi pusat pendidikan tinggi yang diakui secara internasional.

Terletak di Midlands Timur, Loughborough University menempati wilayah yang subur dan hijau, dengan lingkungan perkotaan yang ramah dan akses mudah ke kota-kota besar seperti Leicester dan Nottingham.

Didirikan sebagai Loughborough Technical Institute pada awal abad ke-20, universitas ini telah berkembang pesat menjadi institusi pendidikan dan penelitian yang terkemuka.

Meskipun tidak se-populer Oxford dan Cambridge, perlu diketahui bahwa pada tahun 2024, Loughborough University menduduki peringkat ketujuh universitas terbaik di Inggris versi The Complete University Guide.

Dengan populasi mahasiswa lebih dari 17.000 dari berbagai negara, Loughborough University menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif. Mahasiswa diberi kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan akademis, sosial, dan olahraga, serta mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan profesionalisme.

Salah satu keunggulan utama Loughborough University adalah fasilitas olahraganya yang canggih. Dengan pusat olahraga yang lengkap, termasuk lapangan atletik, kolam renang, dan pusat kebugaran. Hal ini membuat Loughborough University menjadi tujuan belajar bagi atlet dan pecinta olahraga dari seluruh dunia.

Info penting, nih. Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah rata-rata di Loughborough University berkisar antara £17,000 hingga £25,000 per tahun, tergantung fakultas dan departemen yang kamu ambil.

Tertarik? Jangan lupa cobain beasiswanya ya! Ada Loughborough Scholarship for International Students, Loughborough International Scholarships, Loughborough Development Trust Africa Scholarships, dan Loughborough Santander Scholarships.

 

11. Durham University

Durham University terletak di kota yang indah dengan kastil yang megah dan katedral Norman yang terkenal. Didirikan oleh Akta Parlemen pada tahun 1832, universitas ini telah menjadi pusat pembelajaran yang penting di Inggris, menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dalam berbagai bidang studi.

Durham University terdiri dari 5 fakultas yang menawarkan berbagai program studi di berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, humaniora, sains alam, teknik, dan bisnis. Dengan fokus pada pendekatan interdisipliner dan inovatif, universitas ini mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan global di abad ke-21.

Merujuk pada survei dari QS (2024), Durham University berada di peringkat 78 kampus terbaik dunia, yang mana meningkat dari tahun sebelumnya.

Salah satu keunggulan utama Durham University adalah arsitektur dan sejarahnya yang megah. Pasalnya, Durham sendiri merupakan kota bersejarah yang dikenal dengan katedral dan istana (saat ini jadi bagian dari universitas).

Bagi mahasiswa internasional yang ingin berkuliah di sini perlu merogoh kocek sekitar £18,000 hingga £25,000 per tahunnya. Namun, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa opsi beasiswa yang bisa dikejar, mulai dari Durham Indonesia Scholarship, Commonwealth Scholarship, dan tentunya Chevening Scholarship.

 

12. Lancaster University

Lancaster University yang berdiri pada tahun 1964 ini terkenal karena menjadi salah satu universitas pertama di Inggris yang memiliki program studi lingkungan dengan fokus keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

Kampus Lancaster terletak di sebuah lingkungan yang indah karena dikelilingi pegunungan dan danau. Selain unggul dalam lingkungan, Lancaster University pun unggul di bidang akademik dengan menduduki peringkat 122 versi QS survei pada tahun 2024.

Karena lokasinya yang strategis, kampus ini sangat memudahkanmu untuk bepergian ke Manchester dan Liverpool.

Anyway, ada 5 fakultas di kampus ini, yaitu Science & Technology, Ilmu Kesehatan & Kedokteran, Social Science, Seni & Humaniora, plus Fakultas Manajemen.

Sebagai mahasiswa internasional, kamu perlu menyiapkan sekitar £18.168 hingga £25.000 per tahunnya. Tenang, kuliah di sini bisa pakai beasiswa juga, kok! Mulai dari ASEAN Scholarship, The Great Scholarship, dan terakhir yaitu Santander Scholarships.

 

13. Coventry University

Coventry University adalah sebuah universitas yang terletak di Coventry, West Midlands, Inggris. Pada tahun 1843, kampus ini berdiri sebagai Sekolah Desain Coventry.

Salah satu daya tarik dari Coventry University yaitu terdapat perpaduan bangunan konvensional dan modern, seperti Kenilworth Castle And Elizabethan Garden dan Coventry Cathedral yang penuh dengan legenda historis.

Ada juga Coventry Transport Museum serta Herbert Art Gallery & Museum yang kekinian. Hal ini jugalah yang membuat Coventry dijadikan sebagai laboratorium kultural bagi para mahasiswanya.

Lebih lanjut lagi, salah satu universitas terbaik Inggris ini menawarkan puluhan program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang studi, mulai dari Teknik Elektro hingga Desain Grafis yang tercakup pada Fakultas Bisnis, Teknik, Seni, Kesehatan, dan Ilmu Sosial.

Fun fact, Coventry University adalah salah satu universitas pertama di Inggris yang menawarkan program studi terintegrasi dengan periode kerja di industri, saat ini lebih kita kenal dengan istilah “magang”, dengan tujuan meningkatkan keterampilan praktis para mahasiswa sebelum lulus.

Terakhir, biaya kuliah di universitas ini berkisar antara £13.000 hingga £20.000 per tahun. Kabar baiknya, Coventry University menyediakan banyak bantuan melalui beasiswa internasional, lho. Kamu bisa cek informasi lengkapnya di Coventry University International Scholarships, Bursaries and Discounts.

 

14. University of Bristol

Sebagai universitas yang meraih peringkat ke-55 di dunia versi QS World University Rankings, University of Bristol tentunya memiliki prestasi akademik luar biasa. Kampus yang berdiri tahun 1876 ini terletak di kota Bristol yang populer sebagai kota hunian terbaik di Inggris.

Sebagai informasi, terdapat lebih dari 30.000 mahasiswa di University of Bristol, yang mana 28%-nya berasal dari luar Inggris. Oh ya, University of Bristol juga merupakan salah satu anggota dari Russell Group, guys.

Universitas ini juga terkenal karena fasilitasnya yang canggih dan sangat mendukung karier mahasiswa. Hal ini terbukti dari adanya layanan karier yang bisa diikuti mahasiswa dalam waktu 3 tahun setelah kelulusan. Keren ya!

Nah, untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah per tahunnya mulai dari £27.590. Tapi jangan khawatir, karena pihak universitas menyediakan banyak sekali bantuan biaya melalui beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, salah satunya Beasiswa Think Big.

 

15. University of York

Last but not least, rekomendasi universitas terbaik di Inggris yang terakhir adalah University of York yang berdiri di Kota York, Inggris Utara pada tahun 1963.

Universitas ini dikenal sebagai pusat keunggulan dalam bidang Humaniora, dengan program-program yang disorot dalam bidang Sastra, Sejarah, dan Bahasa.

Selain itu, arsitektur modernnya yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan seperti Central Hall dan Ron Cooke Hub juga menjadi salah satu ciri khas kampus ini.

Di Inggris, University of York berada di peringkat 18 versi Times Higher Education World (2024). Kampus ini memiliki 5 fakultas yaitu Ilmu Sosial dan Humaniora, Ilmu Pengetahuan, Ilmu Seni Rupa, Desain, dan Arsitektur, Ilmu Alam dan Lingkungan, serta Ilmu Kesehatan.

Menariknya, University of York menawarkan studi lintas fakultas, lho. Kalau tertarik, mahasiswa internasional bisa jadi bagian dari kampus ini dengan mengeluarkan mulai dari 9.000 GBP.

Untuk beasiswa, kampus ini juga masuk sebagai list universitas pilihan di Chevening Scholarship dan Commonwealth Scholarship.

Tapi, jika kamu memiliki banyak prestasi di dunia kesenian, beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan sangat terbuka untukmu.

Baca Juga : Recommendation Letter: Pengertian, Struktur, Cara Menulis, dan Contohnya

Nah, itulah 15 universitas terbaik di Inggris yang bisa jadi pilihanmu untuk melanjutkan studi.

Tapi ingat, kalau kuliahnya pakai beasiswa LPDP, setelah lulus nanti, jangan lupa pulang ke Indonesia ya! Dan berikan kontribusi terbaikmu untuk tanah air!

So, sudah siap untuk go abroad? Pastikan bahasa Inggris-mu sudah cukup fasih dengan membuktikannya melalui sertifikat IELTS atau sejenisnya. Kalau belum fasih? Yes, saatnya belajar dengan lebih giat!

Mau belajar apa dulu, nih? Speaking? Reading? Atau grammar? Tenang, ada native speaker di English Academy yang bisa bantu kamu! Yuk, konsultasi sekarang dan temukan kelas apa yang cocok untukmu!

CTA English Academy Konsultasi Gratis

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!